2x10


Rumah ini akan dihuni oleh satu keluarga kecil yg terdiri dr suami istri, seorang anak dan seekor kelinci. Ruang yang dibutuhkan hanyalah satu kamar tidur, rg duduk, dapur beserta ruang makan dan kamar mandi. Ditambah area untuk parkir dua buah sepeda.

Eksisting
Eksisting site merupakan rumah petak dg lebar 2m dan panjang 10m. Memiliki peruangan linear ke belakang dg urutan R tamu, r tidur, dapur, km. (Lihat denah eksisting) Peruangan semacam ini memang tipikal rumah petak di area jakarta dan sekelilingnya. Pola ruang linier ini memang simpel namun dirasa tidak efisien karena dg lebar bersih 1,85 meter dan r tidur berada di tengah maka area rg tidur harus dikurangi sirkulasi penghubung antara r tamu menuju dapur. Karena tempat tidur yg akan  dipakai selebar 1,6 maka ruang tersisa hnya 25cm. Dan itu tidak mungkin. Maka dibutuhkan pola peruangan baru.

Potensi
+ Site teretak di hook, dengan sisi 2m menghadap utara dan sisi 10m menghadap timur.
+ site berada di kampung yg dihimpit kompleks perumahan, jalan di sebelah site selebar 2m (timur) dan selebar 1m (utara).
+ lokasi kampung dilalui kali pesanggrahan sehingga area site rawan banjir tahunan, dengan ketinggian rata-rata 60 cm dr muka jln (untuk siklus 5 tahunan lebih tinggi)
+ site berada di sebelah mushola, dan dekat dg masjid

Peruangan
1
Pintu utama eksisting berada di sisi barat, untuk mengefektifkan sirkulasi maka pintu utama dipindah ke bagian tengah sisi 10m (timur). Bangunn dibuat menjadi 2 lantai. Selain itu sirkulasi utama juga diletakkan di tengah bangunan, alhasil ruang yang terbentuk sudah tidak terkurangi sirkulasi (lihat diagram penjelasan).


2
untuk mengatasi permasalahan banjir, rumah-rumah di daerah ini level lantainya ditinggikan. Demikian juga rmh ini, dibuat split level, tidak keseluruhan lantai bangunan ditinggikan. Dapur dan kamar mandi masih pd level eksisting namun rg keluarga ditinggikan 1,2m. Area pintu utama dinaikkan 60cm.

3
Tinggi bangunan eksisting 2.8m, renovasi ini membuat bangunan menjadi dua lantai, dengan lebar 2m maka proporsi bangunan jika dua lantai akan terlihat terlalu kurus dan tinggi, karena itu tinggi floor to floor lantai harus ditekan se efisien mungkin agar bangunan tidak terlalu tinggi. Selain itu, dikarenakan alasan struktur eksisting, bangunan tidak bisa terlalu tinggi. Ini juga menjadi pertimbangan kenapa dibuat split level, dan area dapur dipertahankan tetap pd level eksisting. Area dapur menjadi area yg dibuat dua lantai namun dengan ketinggian ceiling yg di tekan se minimal mungkin. Lt 2 (rg tidur) dibuat dengan ketinggian plafond standard minimal unuk mengejar kenyamanan. Sedangkan pada rg keluarga bisa mendapat level ceiling yang tinggi agar ruang terasa luas.
4
Ruang (semi) publik dibuat continue. Rg keluarga akan menjadi denyut aktivitas utama pd rmh ini dibuat menyatu dengan area tangga. Dengan demikian secara visual ruang ini langsung terasa luas karena menguasai lebih dr setengah bangunan.  Dengan ceiling yg tinggi rg keluarga semakin terasa luas meskipun area sesungguhnya rg ini hanya 2x3.3 m (6.6m2).

5
Area tangga bisa dibilang menjadi area terbuang, namun mutlak diperlukan krn disinilah sirkulasi utama bangunan terjadi. Untuk itu area ini secara luasan hrs ditekan seminimal mungkin. Sirkulasi dibagi 3:
- naik dr level jalan menuju entrance (termasuk teras)
- naik/turun penghubung dapur dg rg keluarga
- naik/turun penghubung rg keluarga dg rg tidur.
Dr total lebar bersih bangunan 1.85 m dibagi tiga sehingga didapat lebar sirkulasi 60cm (msh memenuhi standard), dan sisa 5cm untuk railing. Alhamdulillah pas :D
Agar nyaman, anak tangga dibuat lebar 30cm dan tinggi 16cm, kebetulan user sedang hamil sehingga tangga hrs selandai mngkin.

6
Dibutuhkan area untuk parkir 2bh sepeda. Eksisting bngunan sudah memenuhi semua area lahan dan hanya tersisa kurang dari 1 m di sisi utara dan ini dipakai untuk area jemur. Jika sepeda ditempatkan didlm rnh sudah barang tentu akan menghabiskan ruangan yg sudah sangat terbatas.

 (continue)

####struktur
####material



(completed phase 1)




instagram feed (photos of this house and view outside)

0 pcs:

Poskan Komentar